Sabtu, 29 Agustus 2009

Lupa-Lupa Ingat

"Dik, Apa nama Dino pemakan sayur?" begitu seorang Ayah bertanya kepada anaknya lewat telpon saat tak bisa menjawab pertanyaan dalam sebuah kuis. Lalu si anak menjawab "...........saurus!". begitu cerita di sebuah iklan.
Saya terdiam. Sampai saat ini, sejak iklan itu muncul, saya tak tahu jawaban 'titik-titik' di atas itu apa. Dan saya lupa, selain kata "saurus". hehehe. Mungkin sebagian orang menganggap itu tidak penting. Bagi mereka yang menganggap penting mungkin mencoba menjawab pertanyaan tersebut, atau barangkali sampai memejamkan mata mencoba mengingat-ingat untuk mencari jawabannya, tetap saja tidak ketemu. Iklan tersebut menggelitik saya, atau mungkin menggugah kita untuk mencoba mengingat-ingat dan membuka memori yang mungkin pernah terhapus atau hanya terselip disela-sela otak ketika masih di sekolah dasar.

Tulisan di atas hanya sekedar prolog sederhana bahwa ternyata kita seringkali gagal menciptkan ingatan, seringkali kita gagal menghimpun peristiwa menjadi kenangan. Bahkan untuk peristiwa terbesar sekalipun yang pada akhirnya kita tak mampu mengambil lebih banyak hikmah dari peristiwa yang kita lalui. Inilah yang kemudian menjadi semangat saya untuk mencorat-coret Ruang Jeda ini. Tentu saja masih banyak ruang-ruang lain yang membuat saya benar-benar jatuh hati dan berlama-lama atau berjenak-jenak, begitu mas ivan kavalera, berkata. Ruang yang membuat Newsoul merinding setiap kali memasukinya. Begitu kesan mereka yang singgah  dan memberi semangat dalam Langkah Awal. Begitupun singgah sejenak di ruangan lain, mengintip jendela tetangga (hehehe... blog lain, maksudnya), sekedar menarik jeda untuk bernafas dan mengkhatamkan lelah, kata mas Rossi. Ada gairah tersendiri untuk mencoba menyuguhkan menu terbaik dari sedikit yang dimiliki ruang ini. Inilah semangat yang seringkali terbayang, dan memotivasi untuk berbagi komentar atau ide tulisan antar kita di ruang maya ini. Paling tidak kita bisa merangkum pengalaman kita yang mungkin sebagai sumber inspirasi yang maha dahsyat bagi orang lain.

Menu terbaik itulah yang menjadi spirit untuk menulis atau memperbaiki tulisan kita sebagai wujud mengingat-ingat sesuatu yang kita sendiri lupa-lupa ingat (kok, kayak judul lagunya.............??), menyusun kembali ide, ingatan dan pengalaman sebagai bentuk perjuangan melawan lupa. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.... (Pramoedya Ananta Toer). Membangun ruang interaksi sebagai guru pengingat menjalani detak waktu agar tidak menjadi sia-sia.

Deretan huruf yang pernah tertulis merupakan dokumentsi bagi jejak yang sudah dibuat? Jejak yang merangkum nama kita di dalamnya.  Di dalam sejarah (minimal sejarah blog, hehehe). Seberapa pentingkah dokumentsi bagi jejak yang sudah dibuat? Mungkin sebagian orang menganggap itu tidak penting. Tapi seberapa lama ingatan bisa bertahan? Tidak lama. Hanya selama nyawa masih menempel di badan. Itupun dengan kualitas ingatan yang semakin hari semakin compang-camping dimakan musim. 

Barangkali setelah ini, saya akan menuliskan sebuah jawaban dalam selembar kertas. Kalau saja iklan itu muncul lagi, saya tinggal mengeluarkannya dari saku. Karena sampai saat ini, saya masih belum bisa untuk menemukan jawaban dari 'titik-titik' di atas. ..................saurus.

16 Jejak Yang Tertinggal:

irmasenjaque mengatakan...

pertamaxxx ga ya.....

irmasenjaque mengatakan...

tulisan nya bgs sekali mas ^_^
hehe,betul mas....terkadang aku jg sangat pelupa loh

ateh75 mengatakan...

.......Sauurus +titik-titiknya seharusnya Dino ya ?...Emang iklan ini membuat penasaran juga ya.Tapi jujur saya baru tahu iklan ini ...hehe.

nana^site mengatakan...

cara penulisannya bagus mas...kaya penulis..
btw..ia ya, kadang kita suka luping alias lupa-lupa ingat..
nice post

AISHALIFE-LINE mengatakan...

hmm...saya kira saya sendiri yang sering lupa-lupa ingat.thanks kunjungannya ya.

yans "dalam jeda" mengatakan...

Matur thank kyu...........
@irmasenjaque; tenang aja, ada temennya kok, ga sendirian lupanya.

@ateh75; kambing saurus teh yang makan sayur, sapi saurus hehehe. iklan susu bayi kalo ga salah?!

@nana^site; isinya ga?! btw tks untuk komennya.

yans "dalam jeda" mengatakan...

@AISYALIFE-LINE; tks jg komennya.

reni mengatakan...

Mau tau jawabnya mas ? Jawabnya adalah BRONTOsaurus...!
Emang sih.., logat si anak tidak jelas, sehingga kata-2nya sulit ditangkap...
Semoga sekarang tidak lupa-2 ingat lagi.. ^_^

Newsoul mengatakan...

Lupa-lupa ingat juga, tapi pemakan segala katanya papasaurus atau mamasaurus ya...!?, hehe. Nice psoting. Katanya, manusia adalah tempatnya salah dan....lupa.

MATA HATI mengatakan...

nice post sob

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

itu namanya pikun ya, he hehe..siapa bilang aku lahir th 79? asal tebak deh. ha ha ha...

newbi mengatakan...

wudihhhh
blogger skr emang keren2
udah blognya kren
postingannya keren
orgnya pasti keren
hihi

yans "dalam jeda" mengatakan...

@Ibu Reni; Bu Guru emang pinter. Sering nulis sich. Ngga nyontek kan bu? hehehe

@Newsoul, Ibu Elly; itu juga yang saya ingat!

@Mata hati; Matur thak u

@Sang Cerpenis bercerita; Haaaaaaaaaaahahaha. ga boleh marah nanti cepet pikun

@newbi; kok baru tau ya?!

Thanks for all.

Fanda mengatakan...

Titik2 itu adalah Bronto(saurus),mas! Aku ga lupa kok...
Memang bener, dengan tulisan kita mampu membukukan banyak hal dari diri kita. Dengan tulisan kita bisa mematrikan eksistensi kita di dunia ini

yans "dalam jeda" mengatakan...

@Fanda; SEPAKAT! hehe

Isti mengatakan...

goreskan penamu, untuk kelak menjadi kenangan atau sejarah sekalipun

Poskan Komentar

Akhirnya tiba di Ruang Rehat
Ruang bersama untuk saling memberi nafas, dan setiap kata adalah nafas Ruang Jeda