Selasa, 01 September 2009

Ruang Merah Putih -Blogger Indonesia Award-

Hari boleh berganti, minggu boleh berlalu, begitupun bulan dan tahun. Bulan baru menyambut, seolah siap menggantikan detak semangat patriotisme yang mulai terkikis. Melupakan jerit para gadis Bali yang menangis karena tak lagi menari. Mengaburkan kepulan asap sisa ledakan yang menyesakkan dada. Melupakan gubug-gubug reot miskin kota yang rata dengan tanah. Mencerabuti tanah para petani yang terkepung gedung-gedung mewah. Menggerus masa depan anak bangsa yang tak mampu membayar sekolah. Mengubur emas-emas bangsa yang dijarah para punggawa.

Ooooh INDONESIA........Apakah kita telah melupakannya?
Tak bijak bila kita lupa, tak layak bila tak berbangga memiliki negeri dengan 17.508 pulau yang terbentang kaya bersama 222 juta lebih saudara kita.

Tersentak dalam Ruang Jeda ketika melihat award merah putih yang diberikan sahabat jagat maya. Malu tentunya, merasa sudah lama tak melakukan penghormatan di bawah tiang bendera.

Award ini diberikan oleh ivan kavalera.

Ruang Jeda berharap mampu merangkum pengalaman menjadi sebuah kenangan yang terbingkai manis dalam catatan sejarah, mematri diri dalam kepungan kealpaan. Maka, dibutuhkan ingatan kolektif sekiranya nilai semangat nasionalisme mulai meredup.

Sajak Pamflet

kutulis pamflet ini
karena lembaga pendapat umum ditutupi jaring labah labah
orang bicara dalam kasak kusuk
Dan ungkapan diri ditekan menjadi peng-IYA-an
Kutulis pamflet inikarena pamflet bukan tabu bagi penyair
Aku inginkan merpati pos
aku ingin memainkan bendera bendera semaphore ditanganku
Aku ingin membuat isyarat asap kaum indian
Aku tidak melihat alasan
kenapa harus diam tertekan dan termangu

Penggalan Sajak Pamflet oleh WS. Rendra semoga membuat kita tergugah dan bangga menjadi Blogger Indonesia! Berharap juga semoga award ini dapat dikibarkan pula oleh seluruh sahabat yang pernah singgah di Ruang Jeda.


14 Jejak Yang Tertinggal:

Anazkia mengatakan...

Saya ke sini dari rumah mas Ivan Kavalera. Wah, rajin banget. langsung di posting awardnya. Selamat yah... Berarti, saya boleh ambil dunk :D *ngarep banget deh*

Ini kayaknya hobi baca karya yang berat2 yah? boleh dunk share :D. Salam ukhuwah, dunia maya.

AISHALIFE-LINE mengatakan...

selamat awardnya ya...dan sukses selalu.

Ateh mengatakan...

Selamat atas awardnya sobat..

Newsoul mengatakan...

Hm, awardnya indah. Puisinya, lebih indah lagi. Terus semangat ya sobat.

Nazra~ mengatakan...

salam ramadhan. enak sungguh sajak itu ^_^

Ivan Kavalera mengatakan...

Terimakasih, mas udah diposting. Mantap dan keren.

aviorclef mengatakan...

Wah Congrtas buat awardnya ya......
Oh ya, kayaknya nda lupa memenuhi amanah dari mas Ivan no.2 deh.....Sebarkan tuh award ke.10 bloger, iya kan???
Oh ya, jgn lupa knjungan balik ya, Eps.2 Pujangga Lemot sudah terbit lho.......jangan lupa baca n komeb

yans "dalam jeda" mengatakan...

@Anazkia; Tks, dan selamat singgah di Ruang Jeda
@AISHALIFE-LINE; tks do'anya.
@Ateh; tks mbak.
@Newsoul; inspirasinya banyak dari Newsoul lho. hehehe
@Nazra; salam Ramadlan jg. tentulah enak nduk.
@Ivan Kavalera; Tks mas, smoga smpean jg baca koment ku di Blog radio. Salam Budaya.
@Aviorclef; ga lupa kok, yg ngasih amanat sebelumnya udah sy kasih kbr. Smg ga tersinggung, hehehehe

Tks for all telah singgah di Ruang Jeda.

bluethunderheart mengatakan...

salam persahabatan ya
salam hangat

mapuc mengatakan...

wah, sukse bro, maju terus blogger indo

mapuc mengatakan...

pasang Readmore kang biar lebih rapi and mantab blognya

yans"dalamjeda" mengatakan...

@bluethunderheart; salam hangat persahabatan jg!
@mapuc; tks sob, hehehe..readmore nya msh gaptek, ngga mau mampir. Go Blogger Indonesia!

Tks sudah singgah.

Tisti Rabbani mengatakan...

selamat awardnya...

*mana readmore nya??...
kirain udah di buat...hehehehe

yans"dalamjeda" mengatakan...

Tks bu Tisti........
wah saran readmore nya mantab!!

Posting Komentar

Akhirnya tiba di Ruang Rehat
Ruang bersama untuk saling memberi nafas, dan setiap kata adalah nafas Ruang Jeda