Rabu, 02 Juni 2010

Catatan Kecil tentang Hal Kecil

Barangkali kita hanyalah orang kecil, yang hanya memiliki impian-impian kecil tentang hari esok. Bolehlah orang menganggap demikian, tapi jangan pernah merasa kecil. Sebab di luar sana, banyak orang yang merasa besar dengan hanya bermulut besar.

Ini bukan tentang hal besar. Jangan pernah berkecil hati ketika kau tak merasa menemukan sesuatu yang besar di sini, kali ini. Sebab ini hanyalah catatan kecil yang isinya hanyalah tentang hal-hal kecil. Bahkan karena begitu kecilnya, terkadang akupun tak bisa melihat apa-apa. Tapi sebenarnya, ia ada. Hanya nampak kecil saja.

Aku akan menjadi raja kecil di sini, di kerajaanku yang kecil. Aku bisa melakukan apapun, bahkan menjadi anak kecil yang merengek meminta benda-benda kecil yang belum mampu ia ambil dengan tangannya yang kecil. Tapi sesaat waktu berselang, akan berganti menjadi tawa kecil ketika keinginan kecil itu dapat ia genggam. Aku akan menari di sini dengan tarian-tarian kecil seperti menikmati kegirangan kecil melihat keajaiban dunia yang luas dengan mataku yang kecil. Ketika tubuh kecilku merasa lelah, dalam tidurku aku akan bermimpi tentang malaikat-malaikat kecil yang menari. Akan kutemani pula menari dengan sepatuku yang kecil.

Hanya catatan kecil tentang hal kecil. Sebab aku hanya pengembara kecil, yang mencoba mengumpulkan kembali kenangan-kenangan kecil yang berceceran. Kemudian sebisa mungkin kurangkai catatan kecil tentang hal kecil ini dengan jari-jari kecilku, menyusunnya menjadi cerita kecil di ruangku yang kecil.

Sebuah catatan kecil tentang segala hal yang kecil, tentang kesalahan-kesalahan kecil, keberhasilan kecil, kemalangan kecil, keberuntungan kecil, mimpi-mimpi kecil atau segala hal kecil lainnya. Dan dari hal kecil itu, keyakinan kecil akan tumbuh dalam hati kecil kita, bahwa ia akan mampu membawa perubahan-perubahan kecil dalam dunia kecil kita, menjadi sesuatu yang besar dan luar biasa yang mengiringi pengembaraan kecil itu. Tanpa kita sadari, sesuatu yang kita anggap kecil itu akan menjadi kekuatan besar. Seperti merubah ukuran sepatu kita yang ke-kecil-an yang memberatkan langkah-langkah kecil kita. Tanpa kita sadari, tiba-tiba kitapun akan lebih lincah menari dan melangkah.

Sebab hal-hal kecil yang kita temukan, ketika kita menjumputnya, kelak tanpa kita sadari akan memberi celah kecil untuk kita keluar dari kebuntuan yang kita hadapi. Seperti mutiara kecil yang kita jumput dari dasar laut yang luas dan dalam, nilainya teramat berharga untuk sekedar melunasi hutang-hutang kecil yang harus kita bayar kepada para rentenir dari bank-bank kecil yang biasa menghisap darah orang-orang kecil.

Maka, jangan anggap remeh sesuatu yang kecil. Begitu petuah bijak yang sering terdengar.

19 Jejak Yang Tertinggal:

sibaho way mengatakan...

karena orang terpeleset karena pasir bukan batu besar :)

ivan kavalera mengatakan...

Di kerajaan kecilmu aku mengetuk pintu. Apa kabar raja kecil?

Latifah Hizboel mengatakan...

Hai raja kecil...walau kau merasa kecil, raja tetaplah raja yang menguasai istana...bukankah begitu raja kecil ?

yansDalamJeda mengatakan...

>sibaho way; bukan terpeleset lagi, tapi tersandung. hehe. Tp benar, hal kecil yang seringkali kita abaikan, membuat suatu hal terjadi tanpa kita kehendaki.

>ivan kavalera; di kerajaan kecilku, pintu selalu terbuka. Silahkan menikmati hidangan yang tersaji.

>Latifah Hizboel; tiba-tiba aku seperti menjadi raja kecil.

Terimakasih untuk semua yang telah singgah dan menikmati catatan kecil ini.

munir ardi mengatakan...

Catatan kecil yang isinya bisa menggoyang kebesaran di dunia nyata

inge / cyber dreamer mengatakan...

bukankah semua hal dimulai dr yg kecil dulu.. ^^

Winny Widyawati mengatakan...

Hakikatnya kita bahkan bukan kecil lagi, bahkan fana / tiada. Tdk ada yg salah dg berkecil hati krn hal itu membuat kita sadar bahwa hanya DIA yg Maha Besar, berkehidupan di dunia hanya sementara ttp tetap hrs berusaha yg terbaik krn kita mmg "kecil" yg disuruh bekerja oleh yang Maha Besar.

Hdsence mengatakan...

aku menikmati ctatan kecil in kawan*
yaa, kita hanya titik kecil di dunia kecil yg penuh debu,,namun jika titik kecil menumpuk maka akan memiliki kekuatan yg dahsyat..

salam,langit

Pit mengatakan...

Lebih baik memulai dari hal kecil. Terkadang hal yang kecil yang paling berkesan.

-Gek- mengatakan...

"Good things always come from a small packed" :)

Newsoul mengatakan...

Prof.Scumacher berkata "Small is beautiful". Besar atau kecilnya sesuatu bukanlah dari ukuran hebat/spektakullernya ide, tapi dari manfaat dari hikmah yang bisa didapat. Begitulah menurut saya. Tulisan-tulisan disini selalu menggugah rasa, maka ia bernilai besar bagi saya.

Nyun's mengatakan...

Karena q mengenal smw dari hal yg paling kecil untk dunia yg amat kecil, dgn bgt q akan mampu melewatinya meskpun jalanku kecil,
om makash komentar diblog aku, menakjubkan! sungguh dia tak ingn sendiri, karena luka itu menguatkanya!

Nyun's mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Naila mengatakan...

ya karena garis panjang pun dimulai dari satu titik ynag kecil..

irarachma mengatakan...

raja kecil....raja kecil.....inspirasi kecil....dan semangat kecil! hehehehe...tapi kamu tidak kecil kan? huwaaaaaaaaaaaaaa.......kembali kreatif!

catatan kecilku mengatakan...

Aku adalah salah seorang yang suka membicarakan hal2 kecil.. Karena dari yang kecil kita pun dapat belajar untuk memperbaiki hidup kita. Hal-hal kecil spt cermin... yg bisa membuat kita tahu mana yg baik dan buruk.

the others.. mengatakan...

Selamat siang Raja Kecil...
Maaf aku baru bisa hadir hari ini, di saat sakit mataku sudah jauh berkurang...
Terima kasih karena kemarin sudi mampir ketempatku.

annie mengatakan...

selamat malam, wahai raja kecil. Di kerajaan kecilmu ini aku malah banyak menemukan hal-hal besar. Yakni hal kecil yang bernilai besar!
selamat beraktivitas, mas ...

dewanto mengatakan...

tapi rasanya akan tetap menjadi masalah, ya? manakala besar merasa selalu benar dan ketika kecil tersingkir :(
semoga saja di kerajaan kecil ini tak begitu adanya

Posting Komentar

Akhirnya tiba di Ruang Rehat
Ruang bersama untuk saling memberi nafas, dan setiap kata adalah nafas Ruang Jeda