Rabu, 07 Juli 2010

Hargai Karya Orang!


Tulisan adalah sebuah karya, sama halnya dengan karya-karya yang lain. Ia adalah hasil cipta, rasa dan karsa. Orang menuangkan ide, gagasan dan kemampuan yang dimiliki untuk menciptakan sebuah karya, dengan berbagai motif. Komersil atau sekedar berkarya untuk menyalurkan hobi dan mengaktualisasikan diri.

Beberapa waktu lalu, ramai diperbincangkan berbagai kasus pembajakan yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Bukan pembajakan pesawat terbang atau kapal oleh teroris, bukan!. Tapi pembajakan terhadap karya dan hak cipta orang lain. Film, sinetron, lagu, puisi, kaset, CD dan tentu masih banyak karya dalam berbagai bentuk yang masih bisa dibajak. Banyak orang menghujat karena merasa dirugikan secara materi ataupun secara moril. Banyak pula teriakan "STOP PEMBAJAKAN!!!". Sebab, pembajakan karya atas hak cipta adalah kriminal. Tentu kita tahu kelanjutan perkaranya.

Lantas bagaimana dengan karya kita yang tidak memiliki "hak cipta" yang dilindungi hukum dan undang-undang?! Soal tulisan atau karya kita di blog misalnya. Bagaimana "perasaan" dan akal sehat anda menyikapinya ketika tahu bahwa karya anda dibajak oleh orang lain?

"Hargai karya orang!" begitu saya sontak teriak ketika saya tahu beberapa tulisan saya ada di sini, http://www.facebook.com/?ref=home#!/pages/Lost-City-CA/Nda-kirana-fansclub/189350317126?ajaxpipe=1&__a=17, sebuah halaman di Facebook, yang merupakan tautan blog http://hendra-kirana.blogspot.com/ . Berulang-ulang saya mengamatinya, sempat pula menemukan beberapa tulisan yang saya kenal dan saya tahu siapa penulisnya pun ada di situ, tanpa ada link atau nama penulis dan sumbernya "Malu dong ach......!" begitu saya menyindir dalam hati. Coba saja, anda yang sempat mampir ke sini dan membaca tulisan ini memelototi dengan mata kepala anda sendiri barangkali hasil kreatifitas anda juga dibajak olehnya, di Facebook dan blognya?! Ada? Coba cari sekali lagi!.

Tapi sudahlah, karya yang kita miliki di blog memang tak ada hak cipta-nya yang dilindungi hukum dan undang-undang. Toh sepertinya memang tak ada "etika" di dunia maya. Tiap orang bisa saja meng-copy pastekan di blog mereka. Toh seringkali kita mendengungkan semangat berbagi antar kita.

Maka sayapun menghibur diri, barangkali memang karya kita bagus dan layak untuk disebar luaskan. Tapi mbok ya ditulis nama penulis aslinya, atau minimal sumber asli-nya lah. "Hargai karya orang!" teriakku lagi. Bukannya apa-apa, hanya sekedar menghargai karya orang lain saja. Dan kita tidak membunuh kreatifitas kita sendiri. Cuma itu, ya cuma itu.

Jeda, sesaat kemudian teriakanku itu seperti juga mengingatkan kepada saya pribadi, barangkali saya pun melakukan hal yang sama. Tak beretika di dunia maya. Meng-copy paste seenaknya dan tak menghargai karya orang lain. Saya pun mengakuinya, banyak gambar yang menurut saya bagus yang saya dapat dari hasil pencarian di google saya letakkan di Ruang Jeda ini tanpa mencantumkan sumbernya. Maaf karenanya, entah kepada siapa.

"Hargai karya orang!". Teriakan itu kembali terdengar. Menggema.....

35 Jejak Yang Tertinggal:

Sientrue mengatakan...

Wah bener bgt. Stuju itu. Aku juga kalau mau copas izin dulu sama penciptanya terus aku kasih ling sumber and kalau engga yea nama penulis. Seperti di blog aku http://catatansianakdeso.blogspot.com/2010/06/terapi-jiwa-agar-bersabar-dengantenang.html

De mengatakan...

wah, karya ku jg dibajak....hiks...hiks...
gak tanggung2... banyak2 lagi...waaa...perlu disidang nih orang...

TRIMATRA mengatakan...

Rasanya tulisan dibajak orang brasa lebih sakit dari sakit gigi. 'ga ilang2 jengkelnya'.
Moga2 yang diteriaki segera sadar diri.

non inge mengatakan...

sebel emang yah kalo ada yang maen ambil ajah
sabar...
berarti memang tulisannya bagus ^^

yansDalamJeda mengatakan...

Waduh?!?! Setelah saya memosting tulisan ini, eh blognya udah ga bisa dikunjungi.
Tanya kenapa?
Maaf bro, kita hanya perlu saling introspeksi.

Terimakasih untuk semua yang telah singgah.

Latifah hizboel mengatakan...

Baru saja terjadi dengan saya, yang paling tidak meng-enakan, karya saya itu, tempat dan tanggalnya diganti olehnya, tapi tulisan tetap utuh.
akhirnya saya tegur baik2 dan minta tolong kesahabat beberapa blogger yaitu Kang Enes dan bang Munir ardi untuk tolong menegurnya, Alhamdulillah dia meminta maaf via email. Dan dia menyadari kekeliruannya.

yansDalamJeda mengatakan...

Ach saya juga menemukannya di sini, meski ada sedikit perubahan.
http://fadhlulfahmi.blogspot.com/2010/04/happy-birthday-to-me-edisi-refleksi.html

Isti mengatakan...

Setuju..hargai karya orang lain. Berbanggalah dengan karya sendiri sekecil apapun itu

Anazkia mengatakan...

ho'oh lah, tak cari2 dah gak ada blognya. Trus, link yang di aats aku dah klik, beneran itu tulisan mas Yans semuanya :( hiks.. turut prihatin.

Kalau Anaz, pernah juga menemukan tulisan di copy tapi, ada sumbernya, gak main posting aja kayak githu

itempoeti mengatakan...

saya pernah mengalami hal serupa. tulisan saya disadur total tanpa mencantumkan sumbernya. setelah saya tegur keras baru diremove tulisan tersebut.

persoalannya bukan pada sadur menyadur, tapi pada niat baik untuk mencantumkan sumber dari yang disadur.

Love4Live mengatakan...

seringkali banyak mereka yg melakukan monetize berusaha untuk melakukan updating blog secara rutin untuk menaikan atau setidaknya menjaga pagerank blog.

tapi karena mereka tidak punya bahan postingan, akhirnya mereka cari cara gampang dengan melakukan copy-paste.

fenomena seperti ini banyak sekali saya temui.

yansDalamJeda mengatakan...

>>Hmmmm memang bukan fenomena baru, apalagi di Indonesia kasus bajak membajak, klaim mengklaim sudah sering terjadi terhadap berbagai karya, termasuk hasil karya intelektual.

Dunia maya memang memberi ruang begitu bebas bagi tiap orang untuk berekspresi dan mengaktualisasikan diri. Hanya saja seringkali tak banyak dketahui bagaimana etika yang seharusnya diterapkan oleh penggguna internet. bukannya sok suci dan menganggap diri paling punya etika, tapi setidak-tidaknya kita mengasah kreatifitas kita dalam berkarya.

Setelah saya pikir2, ya sudahlah, toh kita sedang menumbuhkan semangat berbagi itu. Bagaimana kita memberi manfaat bagi siapapun di sekeliling kita, meski itu kecil.

Terus berkarya, terus mengasah kreatifitas. Jangan membunuhnya!

Arjuna mengatakan...

ya kita harus bisa saling menghargai karya seseorang,,,walaupun ada orang yg tak menghargai, setidaknya hasil karya kita tidak untuk dipublikasikan atas nama sang pembajak,,,

ayoo sobat dukung terus, stop plagiatisme..
thxs utk infonya,,

salam,,,:)

Yudi Darmawan mengatakan...

betul.. betul.. betul..
kayaknya kbanyakan isi blog-blog skarang cuma copas dari blog lain,
dari sisi kreatif, malu dong bajak karya orang,
smoga ada kesadaran dari diri sendiri,
setuju..

salam..

dhodie mengatakan...

Sayangnya CCL belum diterapkan di Indonesia ya? Kalau sudah, mungkin bisa ada yuridiksinya.

Tapi salah satu parameter keberhasilan sebuah tulisan itu dicopycat orang atau tidak. Maka berbanggalah dulu, setelahnya menegur :-)

Raa mengatakan...

aku wes bolak-balik Nes...cuek aja! berarti tulisan kita emang bagus Hehehehe...menenangkan diri sendiri!
Wes ojok ngamuk-ngamuk! engko tambah dowo rambute!
eits.....ngopi yuk....tak enteni nang warung pinggir kali ya......

kegelalapan hati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kegelalapan hati mengatakan...

Hello kawan-kawan,,
salam kenal ya..
selain itu saya datang buat mohon maaf atas kesalahan saya..
dan ternyata untuk mengakui kesalahan itu butuh waktu dan keberanian untuk malu dan siap dipermalukan karena telah mengambil hasil karya orang lain tanpa seijin atau mencantumkan pemiliknya

Sebenernya saya menyadur tulisan itu, bukan karena saya ingin populer seperti selebritis
karena saya memang bukan selebritis
tapi saya memang suka menamakan diri saya seperti itu karena ketidak mampuan saya.

Saya terkesan dengan tulisan kawan-kawan, karena saya tidak bisa membuat tulisan sebagus kawan-kawan
saya hanya anak kemaren sore yang belajar ngeblog yang kebetulan akhirnya banyak yang berkunjung entah karena apa yang saya sendiri tidak tahu.

Saya memang telah berbuat kesalahan yang sangat besar sekali dalam hal blogging
Jujur, saya sejak awal sangat suka dengan blog dan tulisan kawan-kawan
terutama tentang cerita/kisah kawan-kawan

Entah kenapa, setan di kepala saya bergerak untuk mencontek tulisan kawan-kawan yang menurut saya sangat luar biasa
Tulisan saya ngaco semua, tapi sebenernya saya tak pernah terbersit sedikitpun untuk tidak menghargai hasil karya orang lain
sekarang saya malah melakukan hal yang hina itu..maafkan saya ya kawan-kawan

kawan-kawan yang sangat baik untuk tidak menghujat balik saya dan malah memaafkan saya

Yah, apapun resikonya, saya akan terima itu, Malu, kecewa dengan diri sendiri atau mungkin saya akan dihujat atau dijauhi teman-teman saya sebagai seseorang yang munafik.
Jujur,saya minta maafkan karena melakukan hal serendah itu.

semua Tulisan di blog dan akun itu telah saya hapus,

Dan sekali lagi, saya mohon maaf telah melakukan hal yang paling hina dalam

Dan saya tidak akan pernah akan mengulangi lagi..

semoga kawan-kawan mau memaafkan saya dan hal ini menjadi pelajaran berharga
terimakasih.

yansDalamJeda mengatakan...

>>Kegelapan hati: Hallo jg kawan.
Sebelumnya saya jg minta maaf, mungkin karena adanya tulisn ini sehingga ada yang merasa dipermalukan. Sejujurnya tdk ada maksud untuk itu kawan.

Terimkasih untuk klarifikasinya. Hal ini akan menjadi pelajaran berharga bagi kita, untuk terus mengasah kreatifitas kita. Dan kita berproses untuk selalu belajar menjadi lebih baik dengan segenap kemampuan, kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.

Salam persahabatan kuulurkan kepadamu kawan....

- mengatakan...

Syukurlah. Sudah selesai perkaranya. Semoga tidak terulang ya... :)

rosi mengatakan...

wow ada juga tho yang spesialis plagiat blog fiuhhh prihatin mode on>
tapi syukurlah kalo si pelaku uda minta maap bang

Unknown mengatakan...

owh udah minta maaf ya Bang?
ya udah masalah udh selesai..
jadi pelajaran buat semuanya..

Ninda Rahadi mengatakan...

bang yans maap barusan bisa nengokin lagi... hehe sehat kan bang...

karya bang yans tentu semua teman blogger yang jadi saksinya... terutama semua yang dicantum disini.. semoga tidak ada lagi yang jiplak ya bang

bung becce mengatakan...

tenang bang yans, nanti klu tak dapat lagi blog yang isinya mirip punya bang yans...langsung di laporkan ke bang yans....he,he

catatan kecilku mengatakan...

Wah, blognya udah ditutup mas. Aku gak bisa berkunjung kesana...
Sayang sekali ya jika ternyata blognya dipuji orang tapi ternyata isinya cuma plagiat aja..

the others... mengatakan...

Karya seseorang, sesederhana apapun tetaplah membutuhkan proses yang tak mudah... dan itu patut dihargai..!

Freya mengatakan...

saya juga pernah digituin. Sering banget. Tulisanku sering difotokopi fuh. Saya cuman bisa protes dalam hati dan sama teman-teman terdekat, dan sebaliknya kalau saya mengambil tulisan orang, saya pasti selalu mencantumkan nama penulisnya. Tapi kalo soal gambar atau foto kadang saya lupa hehehe

Tukang Jalan Dan Makan mengatakan...

wah tulisan mas yans di copy paste , ada yang lebih jahat mas blog autocontent, cuma berlangganan dengan feedburner kita lalu apapun yang kita posting akan langsung muncul juga di blognya, dan parahnya, di se malah artikel dia lebih diatas dari artikel kita dan mungkin juga kita yang dianggap duplicate content hikss sedih banget

munir ardi mengatakan...

kemarin aku nemu copy paste milik bang iwan, mbak latifah, mas yans , blog aku juga, siapa lagi korban berikutnya, yang mau kopi paste mbok kofirmasi dululah dan pasang sumbernya, pasti deh nggak masalah , masalahnya yah paling duplikat konten dan kalau terlalu banyak bbisa-bisa blog di banned ama google, Mari kita Stop plagiat

bonk AVA mengatakan...

biarin aja, yang makin pintar menulis kan kita, bukan si pembajak hehe

Husni MF mengatakan...

Catatan kecil:
'Menghargai' kata yang begitu mudah diucapkan dan 'Saling Menghargai' begitu sering didengungkan. Tapi kenyataannya, berbeda.

Tapi ini jadi suatu bukti bahwa ternyata proses pembelajaran itu tak kan pernah berhenti. Untuk siapapun, tetaplah berkarya walaupun berupa karya sederhana.

Jadi diri sendiri itu lebih baik.

xamthone plus mengatakan...

yapz bner bgt tu sob memanx kita harus menghargai karya orang lain.
karena dengan menghargai orang lain sama hal'y dengan menghargai diri kita sendri.

agen xamthone plus tangerang mengatakan...

yapzz bner bgt memang kita harus menghargai karya orang lain..

agen xamthone plus surabaya mengatakan...

postingan yg sangt menarik sekli nih, memang menghargai karya orang itu sangat penting sekli. pha lg klw karya orang lain itu bagus bid\sa mnjdi motivasi bwt kita..

obat diabetes mengatakan...

ypz setuju bgt hargailah karya orang lain karena itu sangatlh penting karena klw karya kita mau di hargai mka kita jg hrs menghargai karya pranglain dlu...

Posting Komentar

Akhirnya tiba di Ruang Rehat
Ruang bersama untuk saling memberi nafas, dan setiap kata adalah nafas Ruang Jeda