Minggu, 25 Oktober 2009

Pesta Blogger 2009 yang Menginspirasi

Hajatan besar yang bertajuk Pesta Blogger 2009 usai digelar. Bertempat di Gedung Smesco Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (24/10) siang kemarin, dihadiri lebih dari 1000 peserta. Tak hanya dari wilayah Jakarta, bahkan dari berbagai kota di Indonesia seperti Samarinda, Makasar, Bandung, Balikpapan, Medan, Surabaya, Palembang, Yogyakarta, Malang, Surabaya juga hadir di sana. Malah dihadiri juga blogger mancanegara dari Amerika Serikat, Australia dan Singapura. Perhelatan yang luar biasa! Begitu benak saya membayangkan dan mengagumi semangat para blogger. Sangat inspiratif tentunya buat para blogger, termasuk saya sendiri yang merasa blogger juga meskipun masih newbie.

Saya tak tahu pasti sejak kapan  dunia blogger dalam jagat maya mulai menggeliat. Kabarnya sich aktivitas blogging dimulai 10 tahun yang lalu, namun 2-3 tahun terakhir benar-benar telah menjadi trend. Melalui aktivitas blogging itulah para blogger bisa menuangkan ide dan kreativitas mereka. Motifnyapun beragam, seperti yang sempat saya temui saat jalan-jalan ke blog tetangga -blogwalking begitu istilah kerennya- mulai dari tema teknologi, tutorial yang memberi banyak tips dan trik mempercantik blog, berburu dollar, atau tulisan keseharian sebagai bentuk ekspresi dan aktualisasi diri, bahkan sedikit narsis pun jadi. Sebuah kekaguman timbul setelah itu, bahwa aktivitas yang menurut saya itu gampang-gampang susah, banyak susahnya malah, ternyata mereka tetap konsisten menjaga dan merawatnya, meluangkan waktu untuk meng up date ruangannya secara rutin. Malah diantara mereka memiliki tak hanya satu atau dua blog. Dua, tiga, empat, tujuh malah. Namun banyak aktivis blogger yang menyayangkan aktivitas dunia blogger yang semakin ditinggalkan seiring menguatnya godaan facebook dan twitter.

Agaknya terdengar aneh, justru saya mengenal blog setelah masuk dunia facebook. Ada kenikmatan tersendiri ketika dunia facebook membawa saya terdampar dalam blog.  Ada sedikit keseriusan di sana untuk menuangkan ide atau hanya sekedar iseng menuangkan perasaan. Di situ sesungguhnya kita banyak belajar menuangkan ide atau gagasan kita melalui tulisan dan menyimpannya secara rapi di ruang kita sendiri, sekaligus menemukan teman atau sahabat tak sengaja ketemu di persimpangan jalan saat berjelajah. Selain aktualisasi dan mengekspresikan diri, dari sana kita dapat belajar banyak hal, mengenal si tuan rumah atau pemilik blog dengan lebih dalam, menyapa bahkan menjabat erat tangan mereka dengan segenap perbedaannya.

Perasaan itu lebih mendalam seiring tema yang diusung dalam Pesta Blogger kemarin. One Spirit One Nation yang mengingatkan para blogger untuk tetap bersatu sebagai bangsa dengan segala perbedaan yang ada. Mengiringi tulisan ini, saya menyampaikan salam hormat buat blogger yang telah singgah dalam Ruang Jeda.

*gambar saya comot dari sini

23 Jejak Yang Tertinggal:

Tisti Rabbani mengatakan...

wow, kamu pergi ke sana ya...?

one spirit one nation...itulah semestinya kita, disatukan dalam jaringan internet walau satu sama lin terpisah pula dan tdk saling mengenal.

Tisti Rabbani mengatakan...

jadi, aku blogger pertama dan kedua yg mampir di ruang jeda ini...
ahh... :D

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Sayang sekali sobat, aku nggak sempat hadir.

Itik Bali mengatakan...

Hmmm...mas, pengin sebenernya dateng
pengin tahu apa aja acaranya
pengin kenal dengan blogger2 lain
pengin tahu juga..saya menang apa engga..
he..he

Newsoul mengatakan...

Peta blogger 2009, kelihatannya asyik. Sayang jauh ya. Dan untungnya sudah diwakili oleh yans. Terimakasih sudah share event bermanfaat itu. One spiirit, one nation, mantap.

Vicky Laurentina mengatakan...

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan! Saya bahkan memanfaatkan Twitter dan Facebook untuk mendongkrak blog saya.

ateh75 mengatakan...

Wah pesta blogger ya,kayaknya asyik banget ...

Mas Yans hadir kepesta blogger ?!

Henny Y.Caprestya mengatakan...

wah..henny ga bisa datang ke acara itu. kayaknya di Palembang ga ada tuh

-3- mengatakan...

Walah...saya gak sempat ke pb2009.sayang yaah..

sibaho way mengatakan...

ada ulasan menarik juga nih di sini tentang perhelatan akbar PB2009, baca deh....

Munir Ardi mengatakan...

hidup blogger tetapi tidak bisa disangkal yans banyak blog yang mati suri dan postingannya 3 bulan yang lalu karena facebook, hidup blog keep spirit

duniaputri mengatakan...

eh, sapa sih nama kamu *bengong..*
dateng yak ke itu PB-2009? gud gud. di sini ada yang lebih pinteng yang ga bisa saya tinggal, hallah gayamu nak..
oia, ada lagi. saya nge-blog biar ga nyoret-nyoret tembok rumah (tau deh rumah siapa,,) ^_^

Khairuddin syach mengatakan...

One Spirit One Nation, semoga bukan mejadi formalitas belaka, yang cepat hilang saat hajatan berakhir

salam kangen sob--lebaii

yans'dalamjeda' mengatakan...

@all; maaf tidak bisa membalas satu persatu. hehe
Saat ini dunia blogger meriah oleh berbagai event yang mencoba menggugah kemampuan blogger dgn segala kreativitasnya.
Di balik riuhnya berbagai kompetisi kreatif ternyata ada yang lebih penting seperti yang ditunjukkan oleh link yang di bawa oleh si baho, yakni kode etik yang diulas secara rinci dalam sebuah surat terbuka.
Tks atas persinggahannya.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kalo saya sih ngeblog krn suka nulis aja. tapi..sayang gak bisa hadir di pesta blogger krn sudah janji sama teman yg mo ke rumah.

si Rusa Bawean mengatakan...

wahhh
tau blog dari facebook
bener2 deh
salut deh

padahal sekarang banyak blogger yg selingkuh ke facebook

pertahankan terus yaaaaa
semangat ngeblog!!!

goop mengatakan...

kemarin datang juga?
kok kita ngga ketemu, ya? :D

yans'dalamjeda' mengatakan...

@all; saya pun membayangkan betapa serunya di sana. Sayang, saya sendiri ga datang. Hanya mengimajinasikan cerita teman. Sekedar menangkap tema yang disajikan. hehehe.

Cepi Nadir harsono mengatakan...

Aku kemarin dateng juga tapi ternyata sudah telat. Acaranya sudah bubar! Padahal pengen banget ketemu teman2 bloger.. :'( Salam kenal yah semuanya

Ivan Kavalera mengatakan...

mampir malam. kunjungan puitika ke rumah penyair.

yans'dalamjeda' mengatakan...

Semoga spirit nge blog tak kikis oleh zaman. hehehe. Kita tuangkan semangat berbagi dengan segenap ide dan kreatifitas kita. Go Blogger Indonesia!!!

DESFIRAWITA mengatakan...

Salam kenal...!!

Wow...ternyata yg kita rasakan sama yach...aku mengenal dunia blog ya dari facebook..hehe...
bagi ku ngeblog itu menjadi ruang pribadi untuk memuaskan nafsu menyampaikan perasaan. syukur2 ada yg comment dan mau jadi temen.
kalo nggak ya nggak apa-apa juga. tp sejauh ini dunia blog itu menyenangkan, malah aku sampai kecandua. tiap kalo nggak up date posting nggak asik juga
hehehe... :)

soulharmony mengatakan...

bener2 meriah

Poskan Komentar

Akhirnya tiba di Ruang Rehat
Ruang bersama untuk saling memberi nafas, dan setiap kata adalah nafas Ruang Jeda